5 Tips Untuk Membedakan Smartphone Yang Asli dan Palsu

  • 2 min read
  • Mar 07, 2020
Smartphone aseli atau palsu

Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan ponsel pintar atau smartphone, pasalnya perangkat komunikasi yang satu ini memang sangatlah populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Hal tersebut sangatlah wajar karena smartphone Android telah dibekali dengan beragam teknologi canggih yang membuatnya mampu untuk melakukan berbagai macam fungsi. Sekarang ini telah tersedia sangat banyak smartphone yang tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan juga harga yang berbeda-beda.

Dari berbagai merek yang dijual di pasaran, ada beberapa merek yang sangat populer seperti misalnya Samsung, Asus, dan Oppo. Namun sayangnya kepopuleran merek tersebut justru sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di mana mereka memproduksi smartphone palsu menggunakan mereka yang ternama. Tentu saja hal ini sangatlah merugikan konsumen karena kualitas produk smartphone palsu berada jauh di bawah produk aslinya, pada kesempatan kali ini akan kami berikan 5 tips untuk membedakan smartphone yang asli dan palsu.

5 Tips Untuk Membedakan Smartphone Yang Asli dan Palsu

  1. Membandingkan Spesifikasinya

Tips pertama yang bisa Anda ikuti untuk membedakan smartphone yang asli dengan yang palsu adalah membandingkan spesifikasinya, perlu diketahui bahwa smartphone yang palsu akan memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan produk yang asli. Anda bisa membandingkan spesifikasinya dengan melihat spesifikasi yang tertera di kemasan ataupun di situs resminya.

  1. Memeriksa IMEI

Tips berikutnya yang juga sangat ampuh untuk membedakan produk smartphone yang asli dengan produk smartphone yang palsu yakni dengan memeriksa nomor IMEI-nya. Perlu Anda ketahui bahwa IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan suatu nomor yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai identitas smartphone tersebut, pada umumnya IMEI terdiri dari 15 digit angka.

  1. Memeriksa Desain Smartphone

Untuk bisa membedakan antara smartphone yang asli dengan produk smartphone yang palsu, Anda bisa memeriksa desainnya. Pasalnya meskipun jika dilihat secara sekilas memiliki desain yang sama, namun produk smartphone yang palsu pada umumnya memiliki sedikit perbedaan desain dengan produk yang aslinya sehingga Anda harus benar-benar jeli dalam memeriksa desainnya secara detail.

Baca Juga:  Cara Merawat Smartphone Android Dengan Benar Agar Awet
  1. Memeriksa Data Exif

Data exif ternyata juga bisa Anda gunakan untuk membandingkan antara produk smartphone yang asli dengan produk yang palsu. Mungkin Anda masih asing mendengar istilah exif, data yang satu ini berkaitan dengan hasil gambar yang dihasilkan melalui kamera smartphone. Anda bisa mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, kemudian melihat informasinya melalui PC.

  1. Uji Coba Benchmark

Tips kelima yang bisa Anda ikuti untuk membedakan smartphone yang asli dengan produk palsu yaitu melalui uji coba benchmark. Metode benchmark sendiri biasanya digunakan untuk nilai standar dari sebuah smartphone sehingga Anda bisa mengetahui performanya. Anda bisa membandingkan hasil benchmark antara smartphone asli dan palsu sehingga bisa mengetahui perbedaannya.

Saat ini ada semakin banyak produk smartphone palsu yang beredar di pasaran sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat membeli smartphone.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *