Cara Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Terbaca di Android

  • 2 min read
  • Mar 08, 2020

Smartphone merupakan sebuah ponsel pintar yang telah mampu untuk melakukan fungsi yang sangat beragam, hal tersebut membuat perangkat yang satu ini sangatlah populer. Seperti yang Anda ketahui bahwa fungsi utama dari sebuah smartphone adalah sebagai alat komunikasi sehingga tentu saja Anda akan membutuhkan kartu SIM. Ya, setiap smartphone berbasis Android memang telah memiliki slot kartu SIM, bahkan ada juga smartphone yang telah memiliki dua slot sekaligus.

Pada kondisi normal, tentu saja kartu SIM akan bisa dibaca atau dideteksi oleh smartphone. Namun terkadang ada beberapa pengguna smartphone Android yang perangkatnya tidak bisa membaca kartu SIM. Perlu Anda ketahui bahwa kartu SIM yang tidak terbaca di perangkat Android tentu saja akan sangat mengganggu karena membuat Anda tidak bisa menggunakan smartphone dengan normal di mana Anda tidak bisa melakukan komunikasi dan terhubung dengan internet. Pada kesempatan ini akan kami ulas cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca di Android.

Cara Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Terbaca di Android

  1. Cek Kartu SIM

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca di Android adalah mengecek terlebih dahulu kartu SIM yang Anda gunakan. Perlu Anda ketahui bahwa kartu SIM yang mengalami kerusakan biasanya akan menjadi penyebab utama kartu tersebut tidak terdeteksi di smartphone, Anda bisa membersihkan kartu SIM dengan karet penghapus atau menukarnya di galeri terdekat.

  1. Cek IMEI

IMEI merupakan hal yang sangat penting karena IMEI bisa diibaratkan sebagai identitas dari setiap smartphone. IMEI sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sangat beragam, salah satunya adalah agar operator jaringan bisa mengidentifikasi perangkat smartphone yang tersambung dengan mereka. Masalah yang terjadi pada IMEI ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan pada sistem.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara ketiga yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Perlu Anda ketahui bahwa mode pesawat memang biasanya digunakan pada saat Anda sedang menaiki pesawat, namun mode ini ternyata juga bisa mengatasi masalah kartu SIM yang tidak terbaca, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat selama paling tidak 30 detik.

  1. Update Sistem

Adanya bug pada sistem operasi Android seringkali menyebabkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah perangkat smartphone yang tidak bisa mendeteksi kartu SIM. Hal yang satu ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah di mana Anda hanya tinggal melakukan update ke sistem operasi terbaru yang telah didukung oleh perangkat Android yang Anda gunakan.

  1. Factory Reset

Selain keempat cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mengatasi masalah kartu SIM yang tidak terbaca dengan cara melakukan factory reset. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa factory reset memang sangatlah efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada perangkat Android, hanya saja Anda harus melakukan backup terlebih dahulu.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah kartu SIM yang tidak bisa terbaca di perangkat Android, maka Anda bisa menerapkan cara yang ada di atas.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *