Tips Memilih Launcher Yang Sesuai Dengan Kondisi Ponsel

  • 2 min read
  • Mar 10, 2020

Aplikasi launcher bermanfaat untuk mempercantik tampilan smartphone. Biasanya tema atau launcher default pabrik memiliki tampilan yang monoton. Maka dengan adanya launcher, anda bisa dengan leluasa mengganti tema atau mendapatkan tampilan smartphone yang lebih beragam. Namun launcher juga merupakan salah satu aplikasi yang boros memori, RAM dan baterai. Jika anda salah memilih launcher maka fungsi aplikasi tersebut tidak maksimal. Yang terjadi justru akan membuat ponsel anda mengalami masalah dalam kinerjanya.

Bisa jadi karena launcher memiliki kapasitas besar sementara memori internal anda terbatas kapasitasnya, pada akhirnya smartphone pun akan terganggu kinerjanya. Masalah sering lag, mudah panas, dsb pun akan terjadi. Atau jika anda memilih launcher dengan fungsi yang terbatas tentu akan membuat ruang penyimpanan yang sudah anda sediakan tidak berfungsi secara optimal. Maka dari itu pilih launcher dengan kondisi yang sesuai pada ponsel android anda. berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai tips memilih launcher.

Berbagai Tips Memilih Launcher

  1. Pilih Yang Tidak Boros RAM

Aplikasi launcher memang terkenal boros RAM. Agar tidak memberatkan kinerja ponsel, pilih aplikasi yang ringan. Bandingkan dengan aplikasi sejenis dan pilih yang ukurannya kecil. Jika smartphone anda memiliki RAM terbatas, cara tersebut sangat perlu anda lakukan. Namun tidak terlalu masalah jika RAM di ponsel anda memiliki kapasitas besar karena anda lebih leluasa dalam memilih launcher.

  1. Perhatikan Ukuran Aplikasi Launcher

Perhatikan seberapa besar ukuran aplikasi tersebut. sesuaikan dengan ketersediaan memori penyimpanan anda. Jika aplikasi terlalu besar kapasitasnya, cari yang memiliki ukuran lebih kecil agar tidak memberatkan kinerja smartphone. Jika ukuran launcher ringan, smartphone tidak akan mudah lag dan akan membuat kinerja ponsel terasa lebih optimal dengan ukuran yang sesuai.

  1. Tema dan Kustomisasi

Jika anda hobi mengutak-atik perangkat ponsel, maka pilih launcher yang memiliki segudang pilihan tema serta kustomisasi yang baik. Cari launcher dengan pilihan kustomisasi berlimpah sehingga tidak membuat tampilannya membosankan. dengan demikian, anda juga bisa leluasa merubah tampilan ponsel sehingga launcher yang anda install lebih berguna secara optimal.

  1. Banyak Fitur Yang Ditawarkan

Aplikasi launcher dengan segudang fitur tentu lebih menarik dibandingkan launcher minim fitur. Hal ini akan membuat aplikasi tersebut memiliki fungsi yang lebih sedikit sehingga terbilang boros penyimpanan. Anda bisa mencari launcher yang memiliki fitur lainnya seperti Clean Memory, Aplication Lock, Battery Saver, dsb. Dengan demikian, aplikasi tersebut tak sebatas mempercantik perangkat namun juga membuat ponsel lebih bermanfaat.

Demikian beberapa tips mudah dalam memilih launcher yang sesuai dengan kondisi ponsel anda. Penggunaan ponsel pun lebih cepat dan tampilannya lebih menarik dengan pemilihan launcher yang tepat. Semoga bermanfaat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *